BATU MUTIARA ” RATUNYA BATU MULIA “

image Batu mutiara memiliki nilai keras 3.5 dalam daftar keras Mohs, untuk itu saran hemat kami dipelihara dengan baik karena mereka mudah tergores ataupun penyot.


Kerang lah merupakan tempat asal muasal batu mutiara.Mutiara terbentuk ketika benda-benda kecil masuk ke dalam kerang, benda kecil itu bisa berupa batu, pasir atau potongan-potongan kecil dari benda apa saja yang ada di laut, dan jika kerang itu terganggu dengan benda kecil ini mereka tidak bisa mengusirnya tetapi akan mengeluarkan cairan yang terdiri dari calcium carbonate (nacre) untuk membungkus benda itu.Cairan itu akan terus dikeluarkannya untuk membungkus dan mengeras sehingga terbentuk batu mutiara yang besar. Semakin lama batu mutiara itu disimpan maka akan makin besar pula batu mutiaranya. Ada jenis kerang yang terdapat 37 sampai 48 butir mutiara di dalamnya. Kilauan batu mutiara disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan dari lapisan-lapisan nacre tersebut.


Mutiara yang dihasilkan oleh kerang air laut lebih mahal dan berharga daripada yang dihasilkan dari kerang air tawar.
Sekarang ini banyak yang membuat batu mutiara dengan sengaja memasukkan benda kecil tersebut ke dalam kerang, mutiara yang dihasilkan dengan cara ini dikenal dengan nama ‘cultured pearl/ mutiara budidaya‘. Batu mutiara mempunyai bentuk yang macam-macam antara lain ada yang bundar, gepeng (pipih) seperti kancing, lonjong telur dan ada yang benar-benar bulat tanpa cacat sedikitpun. Batu mutiara yang nempel pada sisi kerangnya akan memiliki permukaan yang datar, mutiara ini disebut dengan ‘blister pearl’. Batu mutiara yang memiliki bentuk yang tidak rapi disebut dengan ‘ baroque pearls ‘. Warna batu mutiara ada yang putih bening mengkilap, merah muda, cream, coklat, kuning muda, keemasan, hijau, biru, abu-abu, bahkan ada yang hitam. Warna putih dan warna hitam adalah warna yang paling populer. Mutiara hitam juga merupakan salah satu batu permata yang paling langka di dunia.
Batu mutiara sebaiknya dipakai sering-sering, jangan disimpan apalagi tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama karena batu mutiara “memerlukan daging” , lemak dari tubuh kita sangat bermanfaat dan diperlukan oleh batu mutiara tersebut. Batu mutiara yang jarang dipakai warnanya akan berubah jadi kusam, kadang menjadi merah dan mati, Namun tidak begitu dengan keringat kita karena keringat mengandung zat asam. Batu mutiara jangan diletakkan di ruangan yang lembab atau tertutup rapat karena mereka perlu bernafas dan hindarkan dari cuka dan zat asam lainnya sebab bisa hancur.
Manfaat Batu mutiara dipercayai membawa berkat dan keberuntungan dan menjaga kehormatan wanita.
Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan Batu mutiara dijadikan batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Juni dan dihubungkan dengan zodiac Gemini.

1 komentar:

Stevanie Liem mengatakan...

Prediksi Togel HK Mbah Bonar 5 Desember 2019 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Ratusan Juta Rupiah !!!

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews